Kamis, 30 November 2023

Cumbuan Sabana

Judul

:

Cumbuan Sabana

Penulis

:

Gerson Poyk

Penerbit

:

Nusa Indah

Tahun Cetak

:

2023

Halaman

:

 

ISBN

:

979-623-92473-0-0

Harga

:

Rp. 70.000

Status

:

Ada

 

Karya novel dan cerpen Gerson Poyk punya keunikan dalam hal menciptakan tokoh-tokoh novel yang protogonis, antagonis, tetragonis, yang berlatar belakang sosial dan budaya berbeda-beda dan diceritakan secara detail. Selain itu, ada gaya khas dalam pengungkapan yang lugas, berdaya ekspresif, dan berselera estetika tinggi. Karya-karyanya berupa novel dan cerpen tersiar di media massa dan buku-buku sehingga dikenal luas oleh para penikmat sastra. Salah satu novelnya yang terkenal adalah Cumbuan Sabana yang pertama kali terbit pada tahun 1979.

Novel Cumbuan Sabana bercerita tentang kisah cinta seorang pemuda Timor dari kalangan rakyat biasa bernama Niko Benfinit dengan gadis bernama Irma Sonbait, anak raja. Kisah cinta mereka tidak berjalan mulus dan mengalami tantangan dari ayah Irma Sonbait lantaran adanya perbedaan kasta. Jurang antara bangsawan dan rakyat jelata dilewati mereka dengan susah payah.

Novel Cumbuan Sabana menyajikan berbagai hal yang dibalut dalam warna lokal yang sangat kental, baik berupa adat istiadat, kebiasaan, tingkah laku maupun karakter manusia yang menjadi tokohnya, diimbuhi dengan “bumbu” kisah romantik Niko dan Irma yang penuh lika-liku.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...