Selasa, 12 Mei 2020

Meraba Indonesia: Ekspedisi “Gila” Keliling Nusantara

Judul
:
Meraba Indonesia: Ekspedisi “Gila” Keliling Nusantara
Penulis
:
Ahmad Yunus
Penerbit
:
PT. Serambi Ilmu Semesta
Tahun Cetak
:
2011
Halaman
:
370
ISBN
:
978-979-024-285-2
Harga
:
Rp. 60.000
Status

Ada


Selama hampir setahun, dua wartawan kawakan, Farid Gaban dan Ahmad Yunus, mengelilingi Indonesia. Mereka menyebut perjalanan ini sebagai Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Dengan mengendarai sepeda motor win 100 cc bekas yang dimodifikasi, mereka mengunjungi pulau-pulau terluar dan daerah-daerah bersejarah di Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote. Ratusan orang telah mereka wawancarai, ratusan tempat telah mereka singgahi.

Tujuan utama ekspedisi ini adalah mengagumi dan menyelami Indonesia sebagai negara bahari. Di atas semua itu, mencatat keseharian masyarakat yang mereka lewati. Mencatat dari dekat.

Dan, inilah catatan Ahmad Yunus. Dengan pandangan khas anak muda, Yunus menuturkan peristiwa di berbagai tempat yang dia kunjungi dan menjahitnya dengan data-data sejarah. Baginya, perjalanan ini adalah bagian dari upayanya untuk menjawab pertanyaan pribadinya tentang Indonesia. Selain itu, buku ini juga usahanya untuk menulis sejarah masyarakat yang selama ini terlupakan, baik oleh pemerintah maupun arus media utama.

Satu bagian dari buku ini menuturkan “Senandung Bisu 1965” di Maumere Flores yaitu kisah para algojo yang bertugas membantai masyarakat yang dituduh terlibat dalam PKI di Flores tahun 1965.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...