Senin, 12 Februari 2018

Antara Alam dan Mitos Memperkenalkan Antropologi Struktural Claude Lévi – Strauss

Judul
:
Antara Alam dan Mitos Memperkenalkan Antropologi Struktural Claude Lévi – Strauss
Penulis
:
Drs. Agus Cremers
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1997
Halaman
:
164
ISBN
:
979-429-101-3
Harga
:
Rp. 35.000
Status
:
Kosong


Claude Lévi – Strauss adalah seorang antropolog struktural dan pemikir orisinil yang cemerlang. Gagasan dan metode strukturalnya amat berpengaruh dalam pembaruan haluan antropologi budaya. Dengan cara yang khas Claude Lévi – Strauss coba menjelajahi labirin pemikiran dan hidup manusia. Namun patut disayangkan bahwa karya dan pemikiran Claude Lévi – Strauss masih kurang dikenal, bahkan dalam kalangan ahli antropologi budaya sendiri.

Buku ini merupakan sebuah pengantar ke alam pemikiran Claude Lévi – Strauss, dengan pendekatan yang agak biografis. Di dalamnya ditonjolkan secara khusus hal-hal seperti rasa cinta Claude Lévi – Strauss pada alam, pengaruh persahabatan, pengaruh ilmiah, bakat kesusastraan, tabiat filosofis, sikap politis, keprihatinan terhadap keadaan dunia modern yang gawat, serta minat estetisnya terhadap seni sastra, seni rupa dan seni musik.

Buku pengantar dengan pendekatan yang agak biografis ini diharapkan dapat menghidupkan pengertian pembaca terhadap gaya pikir Claude Lévi – Strauss, bahkan bisa membangkitkan minat dan simpati terhadap sarjana kreatif yang khas ini. Uraian dalam buku ini juga diharapkan dapat mendorong minat para peneliti untuk menyiapkan dan menguji pemikiran struktural Claude Lévi – Strauss mengenai mitos dan topeng berdasarkan bahan etnografis empiris yang begitu berlimpah di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...