Jumat, 08 November 2019

Menuju Indonesia Layak Anak: Praktik Cerdas dalam Pemenuhan Hak Anak

Judul
:
Menuju Indonesia Layak Anak: Praktik Cerdas dalam Pemenuhan Hak Anak
Editor
:
Alex Japalatu
Penerbit
:
Yayasan Wahana Visi Indonesia
Tahun Cetak
:
2018
Halaman
:
146
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Buku ini merupakan kumpulan praktik cerdas dari kisah inspiratif dan praktik cerdas yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat dan swasta di tingkat nasional dan daerah dampingan Wahana Visi Indonesia (WVI) dalam mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030. Hal ini lahir dari pembelajaran di tengah tantangan dan ketertinggalan pembangunan di sebagian besar wilayah pedalaman Indonesia, namun masyarakat telah berbuat banyak untuk kepentingan terbaik anak. Berasal dari kearifan local dan disesuaikan dengan konteks masing-masing daerah, berbagai bentuk praktik cerdas ini sangat memungkin untuk direplikasi.
Sebagai yayasan sosial kemanusiaan Kristen yang bekerja untuk membuat perubahan yang berkesinambungan untuk anak dan keluarga yang hidup dalam kemiskinan tanpa membedakan agama, ras etnis dan jenis kelamin. Wahana Visi Indonesia (WVI) melakukan sejumlah upaya dalam mewujudkan tumbuh kembang anak yang optimal dalam tataran kebijakan dan program pro-anak melalui Kota/Kabupaten Layak Anak bersama pemerintah dan masyarakat di wilayah dampingan. Upaya tersebut diantaranya di bidang pengembangan masyarakat, advokasi dan tanggap bencana di sector kesenatan, pendidikan, perlindungan anak dan ekonomi di 59 titik di 13 provinsi di Indonesia. (Dr. Doseba T. Sinay, MBA/CEO dan Direktur Nasional Yayasan Wahana Visi Indonesia).
Buku ini diantaranya memuat praktik cerdas dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur yaitu: Mior Dadin Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sikka & Perdes yang Pro Anak dan Perempuan. Demikian juga dengan praktik cerdas dari Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur yaitu: Skol Amnasit Ketika Orang TUa “Bersekolah” Demi Anak-Anak Mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...