Minggu, 19 Mei 2019

Prof. Dr. W. Z. Johannes, Bapak Radiologi Indonesia

Judul
:
Prof. Dr. W. Z. Johannes, Bapak Radiologi Indonesia
Penulis
:
Drs. M. Soenjata Kartadarmadja
Penerbit
:
Widjaya Jakarta
Tahun Cetak
:
1986
Halaman
:
53
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Penetapan pahlawan nasional secara resmi oleh pemerintah merupakan langkah yang positif. Tentu saja, penetapan itu berdasarkan atas pengabdian dan jasa-jasa mereka di arena perjuangan bangsa. Selain itu, penetapan seorang menjadi Pahlawan Nasional juga telah digariskan dalam peraturan pemerintah. Diantaranya, warga negara Indonesia yang semasa hidupnya terdorong oleh rasa cinta tanah air dan bangsanya; memimpin suatu kegiatan secara teratur dalam menentang penjajahan di bumi Indonesia. Dengan demikian, hal itu dianggap perlu untuk menjadi teladan bagi setiap warga Indonesia.
Salah seorang dari mereka yang termasuk kelompok Pahlawan Nasional ialah almarhum Prof. Dr. Wilhelmus Zakarias Johannes. Dia termasuk salah seorang tokoh pejuang dan perintis dalam bidang kesehatan. Dia terkenal juga sebagai Bapak Radiologi Indonesia pertama.
W. Z Johannes terkenal juga sebagai salah seorang pejuang kemanusiaan dalam bidang kedokteran. Dia sangat konsekuen dalam tugsanya. Di kalangan masyarakat dia dikenal sebagai dokter filantropi, yaitu seorang  dokter yang penuh kasih saying terhadap sesame manusia. Sebagai bukti, dapat disaksikan pada batu nisan pusara almarhum di Jati Petamburan. Terukir kalimat Sayangilah seorang akan seorang dengan kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...