Minggu, 28 April 2024

Unsur Serapan Bahasa Asing dalam Bahasa Indonesia

Judul

:

Unsur Serapan Bahasa Asing dalam Bahasa Indonesia

Penulis

:

Nyoman Tusthi Eddy

Penerbit

:

Nusa Indah

Tahun Cetak

:

1989

Halaman

:

107

ISBN

:

-

Harga

:

Rp. 25.000

Status

:

Ada

 

Dilihat dari sudut kesejarahan, pertumbuhan dan perkembangan bahasa Inodnesia tidak pernah luput dari pengaruh berbagai bahasa asing, baik bahasa-bahasa serumpun maupun berbeda rumpun. Pengaruh-pengaruh itu meliputi hampir semua aspek ilmu kebahasaan seperti: fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.

Pengarang buku ini berusaha menelusuri berbagai macam pengaruh bahasa-bahasa asing terhadap bahasa Indonesia. Disajikan apa latar belakang terjadinya kontak bahasa-bahasa asing dengan bahasa Indonesia, macam-macam unsur bahasa asing yang diserap dalam bahasa Indonesia, pengaruh-pengaruh unsur serapan bahasa asing dalam bahasa Indonesia, dan bagaimana sikap kita dalam menerima unsur-unsur serapan dari berbagai bahasa asing itu.

Bila kita sudi memahami isi buku ini secara seksama, akan terasa betapa banyak hal baru yang kita dapatkan. Wawasan pengetahuan kita akan unsur-unsur serapan bahasa asing dalam bahasa Indonesia menjadi luas dan mendalam. Oleh karena itu, para pengamat dan peminat bahasa Indonesia sangat tepat mempelajari isi buku ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...