Rabu, 04 Oktober 2017

Pulau Roti Pagar Selatan Indonesia

Judul
:
“Kenallah Tanah Airmu” Pulau Roti Pagar Selatan Indonesia
Penulis
:
Gyanto
Penerbit
:
N. V. Ganaco
Tahun Cetak
:
1958
Halaman
:
-
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 20,-
Status
:
Kosong

Saja ingin agar orang selalu berkata:
,,………… dari Sabang sampai ke Merauke
Dari Miangas sampai ke Rote ……………………….”

Roti ialah pulau terselatan di Indonesia. Penduduknja sendiri menjebut pulaunja “Rote” tidak “Roti”. Dari letaknja sadja orang sebetulnja harus kenal Roti, sebagai halnja mereka kenal Sabang dan Merauke. Tetapi kenjataannja tidak begitu. Banjak orang tidak tahu dimana dan apa Roti itu. Banjak orang tidak tahu adanja keanehan² di Roti. Banjak orang tidak tahu bahwa penduduk Roti dapat makan gula sadja tanpa nasi ber-hari²; bahwa penduduk Roti mempunjai tari adat jang dinamai kebelai; bahwa penduduk Roti mempunjai banjak sekali tjeritera jang bernilai sastera; bahwa di pulau Roti jang ketjil itu banjak sekali terdapat keradjaan²; bahwa penduduk Roti mengerdjakan sawah dengan tjara jang sangat aneh; dan sebagainja.

Supaja pembatja di-tempat² djauh mengetahui dimana dan apa Roti itu, maka saja susun kitab jang sangat sederhana ini.

Sekali lagi saja katakana bahwa letaknja jang terselatan itu sadja seharusnja bisa membawa Roti keketenaran. Dari itu saja namai kitab ini: Pulau Roti, pagar selatan Indonesia.

Kalau kita harus kenal akan batas kebun kita, maka tidak ada buruknja bila kita kenal djuga akan batas negara kita. Inilah kitab jang mengadjak kita untuk berkenalan dengan salah satu dari ke-empat batas negara kita, batas selatan.

Nama² tempat jang terdapat didalam kitab ini adalah tentu nama tempat jang sesungguhnja. Namadepan pelaku² adalah namadepan jang biasa kita djumpai di Roti. Begitu djuga namavam jang terdapat didalam kitab ini adalah namavam² jang terdapat di Roti. Dengan ini penulis bermaksud agar pembatja² diluar Roti dapat tahu bagaimana bentuk namadepan dan namavam di Roti itu. Tetapi tjampuran namadepan dengan namavamnja tidak saja ambilkan dari seseorang jang tertentu; sehingga kalau ada djuga seseorang jang bernama demikian, maka persamaannja itu hanjalah setjara kebetulan sadja.

Kepada kenalan di Roti jang telah member bantuan² besar atau ketjil jang berudjud apa sadja, melewati djalan ini penjusun mengutjapkan ribu² terima kasih. Djuga kepa penerbit “Ganaco” N. V. penjusun mengutjapkan be-ribu² terima kasih atas kesudiannja memperkenalkan Roti kepada masjarakat seluruh Indonesia.

                   Pulau Roti, 6 Mei 1956
Penjusun:

Gyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...