Minggu, 08 Oktober 2017

Potret Kesehatan Anak di Tanah Pasola Etnik Sumba – Kabupaten Sumba Barat


Judul
:
Kerumun CacingBouli: Potret Kesehatan Anak di Tanah Pasola Etnik  Sumba – Kabupaten Sumba Barat
Penulis
:
Rohmansyah W.N., Fitrianti N.A. & Suharmiati
Penerbit
:
Unesa University Press & Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan Danpemberdayaan Masyarakat
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
166
ISBN
:
978-979-028-965-9
Sumber
:
https://www.scribd.com/
Download
:

Penyelesaian masalah dan situasi status kesehatan masyarakatdi Indonesia saat ini masih dilandasi dengan pendekatan logika dan rasional, sehingga masalah kesehatan menjadi semakin kompleks. Disaat pendekatan rasional yang sudah mentok dalam menangani masalah kesehatan, maka dirasa perlu dan penting untuk mengangkat kearifan lokal menjadi salah satu cara untuk menyelesaikannya. Untuk itulah maka dilakukan riset etnografi sebagai salah satu alternative mengungkap berbagai fakta kehidupan sosial masyarakat terkait kesehatan.
Dengan mempertemukan pandangan rasionalis dan kaum humanis diharapkan akan menimbulkan kreatifitas dan inovasi untuk mengembangkan cara-cara pemecahan masalah kesehatan masyarakat. Simbiose ini juga dapat menimbulkan rasa memiliki (sense of belonging) dan rasa kebersamaan (sense of togetherness) dalam menyelesaikan masalah untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat di Indonesia.
Tulisan dalam Buku Seri ini merupakan bagian dari 30 buku seri hasil Riset Etnografi Kesehatan 2015 yang dilaksanakan di berbagai provinsi di Indonesia. Buku seri sangat penting guna menyingkap kembali dan menggali nilai-nilai yang sudah tertimbun agar dapat diuji dan dimanfaatkan bagi peningkatan upaya pelayanan kesehatan dengan memperhatikan kearifan lokal. Kami mengucapkan terima kasih pada seluruh informan, partisipan dan penulis yang berkontribusi dalam penyelesaian buku seri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...