Senin, 30 Oktober 2017

Mutiara Pulau Timor

Judul
:
Mutiara Pulau Timor
Penyusun
:
P. Tadeusz Bartkowiak SVD
Penerbit
:
Nusa Indah – Percetakan Arnoldus Ende
Tahun Cetak
:
1972
Halaman
:
93
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Kosong

Harus diakui bahwa cerita-cerita dongeng yang berasal dari kepulauan Nusa Tenggara Timur lebih terkenal dibandingkan dengan cerita-cerita dongeng yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Hal ini disebabkan oleh karena dongeng-dongeng dari daerah lain (terutama Jawa dan Sumatra) tersebut telah dibukukan dan usaha menyebarluaskannya juga tidak sedikit.

Terdorong oleh kenyataan itu maka harus diusahakan supaya dongeng-dongeng asli dapat bertahan atau mengimbangi dongeng-dongeng yang berasal dari luar. Di samping itu usaha membukukan dongeng-dongeng ini mempunyai tujuan agar cerita-cerita tersebut tidak hilang begitu saja. Boleh dikatakan bahwa hampir semuanya dituturkan secara lisan.

Buku ini merupakan salah satu usaha ke arah itu. Dongeng-dongeng yang dikumpulkan dalam buku ini berasal dari daerah Belu di Pulau Timor, khususnya daerah Dafala. Dari 16 cerita dongeng yang terdapat dalam buku ini, tidak semuanya berasal dari sana. Ada beberapa yang berasal dari luar dan telah menjadi begitu terkenalnya di masyarakat sehingga tidak diketahui dari mana asalnya yang sebenarnya.

Semoga sumbangan yang kecil ini dapat memperkaya khazanah bacaan masyarakat yang belum seluruhnya meninggalkan alam dongeng dari zaman dahulu kala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...