Sabtu, 07 Oktober 2017

Pergulatan Menguak Kebenaran Selamat Jalan Timor Timur

Judul
:
Pergulatan Menguak Kebenaran Selamat Jalan Timor Timur Penuturan Apa Adanya Seorang Wiranto
Editor
:
Idi Subandy Ibrahim
Penerbit
:
Institute for Democracy of Indonesia
Tahun Cetak
:
2002
Halaman
:
350
ISBN
:
979-96845-0-1
Harga
:
Rp. 70.000
Status
:
Ada

“Saya ingin mengatakan kebenaran kepada masyarakat, “demikian ujar Jenderal TNI (Purn.) Wiranto, SH., S. Ip. Dengan sosoknya yang low profile, Wiranto tidak menunjukkan emosi yang meletu-letup ketika ada di antara sebagian kalangan yang menuduhnya sebagai pelanggar HAM berat. Namun, harga dirinya terketuk ketika dia dituduh dengan sangat sarkastis sebagai “jenderal pembunuh” dan hatinya sakit ketika masalah Timor Timur pasca-jejak pendapat ingin sepenuhnya ditimpakan di pundaknya.
Apakah ada kebijakan dari pimpinan TNI yang secara khusus dan sistematis untuk melakukan pelanggaran HAM di Timor-Timur? Apakah bisa ditemukan bukti-bukti yang secara jelas bahwa ada lengkah kebijaksanaan yang konkret dari pimpinan TNI untuk melakukan pelanggaran HAM? Siapa yang melakukannya, kapan, dan dalam bentuk apa?
Pergulatan Menguak Kebenaran merupakan penuturan yang bersahaja dan apa adanya Wiranto menanggapi tuduhan sepihak atas dirinya dan aparat keamanan Indonesia sebagai pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan (crimes against humanity) di Timor Timur. Ditopang dengan sejumlah dokumen eksklusif dan penuturan pribadi yang rendah hati, buku ini mengajak pembaca mendapatkan jawaban secara lebih jujur dan objektif atas “tragedi” Timor Timur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...