Senin, 07 September 2020

Buta dari Kecil namun Mencapai Sarjana (Taha Husein)

Judul
:
Buta dari Kecil namun Mencapai Sarjana (Taha Husein)
Penulis
:
Ris Therik
Penerbit
:
Ikhwan Jakarta
Tahun Cetak
:
1988
Halaman
:
72
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 45.000
Status
:
Ada 


Umumnya orang di dunia ini dapat maju karena rajin belajar sejak kecil hingga besar. Malahan sampai tua masih juga belajar. Hal itu dapat dilakukannya karena mempunyai kemauan, mempunyai pendengaran yang baik, penglihatan (mata) yang terang dan otak yang cerdas.

Buku kecil yang berjudul, Buta dari Kecil namun Mencapai Sarjana ini menceritakan tentang Taha Husein seorang anak yang sejak berusia tiga tahun, buta lantaran diserang penyakit trachoom. Namun ia mempunyai kemauan yang keras sekali untuk mengejar ilmu. Semua pelajaran itu diperolehnya di sekolah dan tempat-tempat lain secara mendengar saja.

Daya tangkap dan ingatannya sangat kuat sekali. Ia dapat mengingat semua ilmu yang diperolehnya di sekolah dasar, sekolah lanjutan dan universitas serta cerita-cerita yang didengarnya dari orang lain.

Peribaha mengatakan, “di mana ada kemauan di situ ada jalan” karena itu Taha Husein yang buta sejak kecil dapat menuntut ilmu dan meraih gelar sarjana di Universitas Sarbone (Prancis). Ketiadaan alat penghlihatanya tidak menutup pintu baginya untuk memperoleh kemajuan.

Mudah-mudahan buku ini berguna bagi pemuda-pemudi pelajar Indonesia demi masa depan mereka dan kemajuan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...