Jumat, 11 September 2020

Perempuan (Tidak) Biasa di Sumba Era 1965-1998

Judul

:

Perempuan (Tidak) Biasa di Sumba Era 1965-1998

Penulis

:

Martha Hebi

Penerbit

:

Rasibook

Tahun Cetak

:

2020

Halaman

:

290

ISBN

:

978-623-7214-82-3

Harga

:

Rp. 90.000

Status

:

Kosong

 

Buku Perempuan (Tidak) Biasa di Sumba Era 1965-1998 adalah narasi tentang perempuan petani, peternak, ibu rumah tangga, biarawati, guru, politikus, dukun beranak, penari, pejuang lingkungan hidup dan lain-lain, yang dalam keseharian di Pulau Sumba, NTT dan barangkali juga di daerah lain di Indonesia, dianggap hal biasa saja. Maksudnya, tidak dianggap sebagai profesi, sebab pertama-tama mereka adalah seorang “ibu”, dan dalam pemandangan umum di Indonesia, seorang ibu tokh urusannya di rumah dan terkait dengan segala urusan domestic saja.

 

Tetapi justru dalam profesi yang tidak dianggap tersebut muncul “keluarbiasaan” yakni semangat pantang menyerah untuk terus berkarya, atau bahkan untuk bertahan hidup. Di tengah keterbatasan dan himpitan ekonomi, juga tuduhan-tuduhan, mereka tidak menjadi lemah. Mereka justru bangkit, dan menang!

 

Buku ini menjadi gamabaran betapa para perempuan sangat berdaya juang tinggi, hal yang hanya dikenakan pada kaum lelaki selama ini. Bahkan dalam banyak kasus –setidaknya dalam narasi diatas- para perempuan lebih unggul sebab mereka memiliki cara yang khas sebagai jalan keluar.

 

Buku ini sangat bermanfaat dibaca oleh siapa saja yang ingin menyerap energy dari para ibu, perempuan-perempuan yang tampak biasa, namun sesungguhnya mereka sangat luar biasa!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...